Pembelajaran Time Token Sebagai Upaya Meminimalisir Kesulitan Belajar dari Rumah
Keywords:
Hasil Belajar, Kesulitan Belajar, Model Time TokenAbstract
Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan time token dalam mendaya peserta didik belajar dari rumah pada pelajaran PKn materi lambang Negara/garuda pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 9 dari 21 peserta didik pada kelas 3 SDN Blang Awe. Dimana ada 3 siswi dan 6 siswa yang mengalami kesusahan dalam belajar. Kesulitan belajar yang dialami dalam membaca dan berbicara/mengeluarkan pendapat. Sebelum membaca terlebih dahulu menyerahkan kupon/kartu bicara kepada peneliti, supaya memudahkan proses belajar mengajar. Melalui model time token dapat membantu siswa/i saat mengurangi kesulitan belajar baik itu dari segi membaca maupun berbicara/menmgeluarkan pendapat
References
Anggito Albi. Dkk. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Aini Anisatul, 2011. Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Pada Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Nurul Islam Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Semarang.
Ariyono Prayogi Ariyono, 2016. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Purwodadi, Lampung.
Chairia Putri, 2016. Pengaruh Model Pembejaran Time Token Terhada Peningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X8 Di Sma Negeri 1 Bandar Sri Bhawono Lampung Timur Tahunajaran 2014/2015. Lampung
Habibati, 2017. Strategi Belajar Mengajar, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Downloads
Published
Versions
- 2022-02-17 (2)
- 2022-02-17 (1)
Issue
Section
License
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.