Pembelajaran Time Token Sebagai Upaya Meminimalisir Kesulitan Belajar dari Rumah

Authors

  • Ulvia Rahmi IAIN LANGSA

Keywords:

Hasil Belajar, Kesulitan Belajar, Model Time Token

Abstract

Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan time token dalam mendaya peserta didik belajar dari rumah pada pelajaran PKn materi lambang Negara/garuda pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 9 dari 21 peserta didik pada kelas 3 SDN Blang Awe. Dimana ada 3 siswi dan 6 siswa yang mengalami kesusahan dalam belajar. Kesulitan belajar yang dialami dalam membaca dan berbicara/mengeluarkan pendapat. Sebelum membaca terlebih dahulu menyerahkan kupon/kartu bicara kepada peneliti, supaya memudahkan proses belajar mengajar. Melalui model time token dapat membantu siswa/i saat mengurangi kesulitan belajar baik itu dari segi membaca maupun berbicara/menmgeluarkan pendapat

References

Anggito Albi. Dkk. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Aini Anisatul, 2011. Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Pada Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Nurul Islam Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Semarang.

Ariyono Prayogi Ariyono, 2016. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Purwodadi, Lampung.

Chairia Putri, 2016. Pengaruh Model Pembejaran Time Token Terhada Peningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X8 Di Sma Negeri 1 Bandar Sri Bhawono Lampung Timur Tahunajaran 2014/2015. Lampung

Habibati, 2017. Strategi Belajar Mengajar, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Published

2022-02-17 — Updated on 2022-02-17

Versions