Transformasi Sosial Emosional AUD melalui Lingkungan Belajar
DOI:
https://doi.org/10.62719/diksi.v4i2.107Keywords:
Early Childhood, Learning Environment, Social EmotionalAbstract
This research study is based on the obstacles observed at Al Misbah Cibulan Cidahu Kindergarten in the management of emotions and peer interaction. One of the reasons is an inappropriate strategy and inadequate facilities. With a qualitative approach and case study design, data is collected through structured interviews, observations, and document reviews involving principals, teachers, students, and parents. The findings of the study include three main focuses, namely (1) the characteristics of the learning environment that support social-emotional development; (2) internal and external factors that support or inhibit this transformation; and (3) strategies that educators can use to create a conducive, empathetic, and inclusive learning environment. These findings offer practical insights for educators and policymakers on improving the quality of early childhood education, particularly in terms of the physical, social, and psychological aspects of designing learning environments for young children
References
Ardila, Y. P., & Rigianti, H. A. (2023). Peran Penting dan Tantangan yang dihadapi Oleh Guru Profesional dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas. Jurnal Handayani, 14(1). Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/download/48048/21566#:~:text=Peserta%20Didik%20Dalam%20Kelas&text=Hal%20tersebut%20didukung%20dengan%2C%20lingkungan,memberikan%20pengalaman%20belajar%20yang%20positif.
Hidayah, R. N. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 9(2). Retrieved from https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/89
Hidayat, M. (2017). Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Kartika, A. (2011). Lingkungan Belajar yang Efektif. Bandung: Alfabeta.
Masitoh, M. (2019). Hakikat Pendidikan dan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. In Konsep dasar PAUD.
Mufida, A. Y., & Hibana. (2023). Mewujudkan Lingkungan Belajar Aman pada Satuan PAUD Perspektif Seri 6 PAUD Berkualitas KEMENDIKBUDRISTEK.
Mulyadi. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Somantri, S. (2005). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Bandung: CV. Remaja Rosdakarya.
Warsi, J., & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3). Retrieved from https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/education/article/viewFile/628/578#:~:text=Dalam%20menciptakan%20lingkungan%20belajar%20yang%20kondusif%20di%20kelas%20hendaknya%20guru,bergerak%20dan%20kenyamanan%20untuk%20belajar;
Zaturrahmi, Z. (2019). Lingkungan Belajar sebagai Pengelolaan Kelas: Sebuah Kajian Literatur. E-Tech, 7(4). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/390982-none-a2c30f8b.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.