Penggunaan Media Audio Visual untuk Menguatkan Daya Ingat tentang Asmaul Husna
DOI:
https://doi.org/10.62719/diksi.v4i2.112Keywords:
Audio Visual, Asmaul Husna, Early Childhood, MemoryAbstract
Memory skills in early childhood need to be stimulated, as this memory ability is one of the cognitive abilities that children need to develop. So, one way to strengthen early childhood memory is through audio-visual media. The purpose of this study is to investigate the ability to recall early childhood memories in Kober Al-Istiqomah after being exposed to audio-visual media. This study employs a qualitative descriptive research method. The population of this study consists of all Kober Al Istiqomah students, totalling 10 individuals. The research sample was 5 people. The instruments of this research are interviews and observations. The results of the study indicate that the use of visual media can be an effective approach to enhancing the memory of Asmaul Husna in early childhood
References
Aisyah, N. S., & Nugraha, S. A. (2023). Metode Pembiasaan dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak. Jurnal Pelita PAUD, 8(1). doi:10.33222/pelitapaud.v8i1.3281
Arofah, N. (2019). Implementasi Teori Behaviorisme terhadap Pembiasaan Membaca Asmaul Husna. Jurnal Paedagogia, 8(1).
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2). doi:doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter. Bandung.
H, B. (n.d.). Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Materi Asmaul Husna di SD Negeri 03 Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. Retrieved from http://studentjournal.iaincurup.ac.i
Hanizon, W. (2021). Peningkatan Kemampuan Hafalan Asmaul Husna melalui Media Audio Visual di SD Negeri 02 Campago Guguak Bulek, Kecamatan . El-Rusyd. Retrieved from https://ejournal.stitahlussunnah.ac.id/index.php/el-rusyd/article/view/70
Hasan, M., Milawati, Darojat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwar, A. M., . . . Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Sukoharjo: In Tahta Media Group.
Juliyanti, P. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Melatih Pendengaran dan Daya Ingat Anak Usia Dini di PAUD Barunawati Kota Bengkulu. Bengkulu: Fakultas Tarbiyah. Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/4542/
Khumairaa, R., & Nugraha, S. A. (2024). Menumbuhkembangkan Sikap Religi Pada Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Membaca Doa Harian di TK Negeri Meleber Kec. Meleber Kab. Kuningan. Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi, 3(2). doi:10.62719/diksi.v3i2.85
Lestari, W., & Sari, S. P. (2025). Penerapan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Sanggar Bimbingan kepong, Kuala Lumpur Malaysia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI),, 5(2). doi:10.53299/jppi.v5i2.1447
Maghfi, U. N. (2020). Penerapan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Pembelajaran Anak Usia Dini Kelas Akhir yang Tepat di PAUD Tsabita Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Buah Hati, 7(2). Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/1163/1049
Mayeni, R., Wiwita, R., Handayani, R., Veni, Nazmai, Y., & Sefrinal. (2024). Penerapan Media Audio Visual sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Journal on Education, 6(4). doi:10.31004/joe.v6i4.6366
Muliyah, P., Aminatun, D., Nasution, S. S., Hastomo, T., Sitepu, S. S., & Tryana. (2020). Exploring Learners' Autonomy in Online Language-Learning in STAI Sufyan Tsauri Majenang. Getsempena English Education Journal, 7(2). doi:10.46244/geej.v7i2.1164
Puspitasari, T., Hasnawati, & Rozaidawati. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Audio Visual Melatih Pendengaran dan Daya Ingat Anak Usia Dini di PAUD Al-Khoiriyah Pekon Sukupadang Kecamatan Cukuh Balak Tanggamus. Ath-Thalib: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(1). Retrieved from https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/45
S, A. (2022). Hadis Tarbawi.
Sari, R. (2017). Pengantar Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Titin, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Centre Desa Jatitengah Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka. Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1).
Zainuddin, & Nopriyanti, R. (2021). Strategi Penerapan Media Audio Visual dalam Menanamkan Nilai Kesabaran pada Anak Usia Dini di KB Mawar Indah Muara Penimbung Ulu. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). doi:10.53649/symfonia.v1i1.7
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.