Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa

Authors

  • Rustam Erwin Syahputra IAIN Langsa

Keywords:

Learning, Difficulty, Math, Learning Media, Teaching Methods

Abstract

Mathematics is learning that is needed in everyday life to think critically with the ability to think logically, analytically, systematically, innovatively, and estimate the results of arithmetic operations. And many students consider math a difficult learning. This study aims to analyze the factors that cause math learning difficulties and what efforts teachers make to deal with math learning difficulties. This is a qualitative research with the subjects of 26 students who indicated math learning difficulties. The conclusion of this research is that the factors that cause math learning difficulties internal factors include maturity/growth, intelligence, training, motivation and personal factors. While external factors include family factors, teacher teaching methods, learning media and the school environment. Efforts made by teachers to overcome mathematics learning difficulties are providing learning motivation, providing a variety of teaching methods, providing sufficient and repeated practice, using teaching aids and providing remedial programs.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Amir, Almira. 2014. Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Padangsidimpuan: forum pedagogik. Vol. 4. No. 1

Aripin, M. Fahmi.2020. Kesulitan Belajar Siswadan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika SD/MI. Banjarmasin: Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1. No. 5

Ayu, Sri. 2020. Analisis Faktor Kesulitan Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas VI MI Mambaul Ulum di desa Kayen Pati. Kudus.

Bachri. 2010. meyakinkan validitas data melalui trianggulasi pada penelitian kualitatif. Surabaya: Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10. No. 1.

Cahyaningsih, Ujiati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hail Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas Volume 4, Nomor 1 Januari.

Depdiknas. 2016. media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung : Alfabeta.

Fathurrohman, Pupuh. 2014. pengaruh lingkungan sekolah dan sikap peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Vol. 2. No. 2.

Freudhental. 2016. media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung : Alfabeta.

Hasanah, Noor. 2016. Upaya Guru Dalam Mengatasi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika Di Kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Banjarmasin: jurnal PTK dan pendidikan. Vol. 2. No. 2.

Hasratuddin. 2021. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Medan: Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma. Vol. 6. No. 2

Lamb. 2019. pengaruh faktor psikologis, pribadi, sosial dan budaya terhadap keputusan pembelian produk fashion secara online. Makassar : jurnal ilmiah dan ilmu manajemen. Vol. 1. No. 2

M.Miftah. 2013. fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan,”jurnal kwangsan (vol.1, no.2, 2013) hal.97

Miles, mattew B dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Muhadjir, Noeng. 1998. Metode penelitian kualitatif. Yokyakarta: Rake Sarasin.

Muhammedi. 2017. Psikologi Belajar. Medan: CV Iscom Medan.

Munandar. 2015. peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak. Musawa. Vol. 7. No. 2.

Murzani. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Pada Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Mataram.

Myers. 2019. analisis kematangan emosional anak di tinjau dari usia masuk TK. Semarang: Jurnal penelitian dalam bidang pendidikan usia dini. Vol. 8. No.1.

Nasution. 2002. gaya mengajar guru dalam proses belajar mengajar. Yogyakarta. Vol. 6. No. 5

Nasution, Lesmi Juwita. 2019. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Kurikulum 2013 Kelas IV di SD Negeri 101871 Sidodadi, Batang Kuis. Medan.

Permendiknas. 2008. tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Menteri pendidikan nasional.

Purwanto, Ngalim. 1992. psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Priansa, Donni Juni. 2019. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung : CV Pustaka Setia.

Roestiyah. 2008. strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cifta

Salsabila, Azza. 2020. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa sekolah dasar. Tangerang: jurnal pendidikan dan dakwah. Vol. 2. No. 2.

Sudaryono. 2017. Metodologi penellitian. Depok : kharisma putra utama offset.

Sudjana. 2017. Pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas iii min kota cirebon. Cirebon: jurnal pendidikan guru MI. Vol. 4. No. 1.

Sumardyono. 2004. karakteristik matematika dan implikasinya terhadap pembelajaran matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Tarmizi, Rosmiaty. 2012. pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja auditor kantor badan pemeriksa keuangan wilayah lampung. Lampung: jurnal akuntansi dan keuangan. Vol. 3. No. 1.

Wakiman. 2001. buku pegangan kuliah alat peraga pendidikan matematika. Yogyakarta: FIPUNY.

Winarmi, Endang widi. 2018. Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Ptk, R & D. Jakarta : Bumi Aksara.

Wiryanto. 2020. Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah COVID-19. Surabaya: jurnal kajian pendidikan dan hasil penelitian. Vol. 6. No. 2.

Yurniwati. 2019. Pembelajaran Aritmatika Di Sekolah Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Published

2022-08-22