Penerapan Modelling The Way Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa

Authors

  • Yeni Mutia IAIN Langsa

DOI:

https://doi.org/10.62719/diksi.v2i1.16

Keywords:

kreativitas, SBdP, model pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa kelas V MIN 8 Aceh Tamiang pada mata pelajaran SBdP dengan penerapan metode Modelling The Way. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V MIN 8 Aceh Tamiang yang berjumlah 36 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas siswa dalam setiap kegiatan belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran SBdP materi seni rupa (membatik) setelah diterapkan metode modelling the way. Persentase nilai rata-rata hasil belajar yang semula pada angka 58,93% sebelum diterapkannya metode modelling the way menjadi 71,7% pada siklus I dan meningkat menjadi 89,8% pada siklus II.

References

Abdullah, R. (2014). Inovasi Pembelajaran. In Y. S. Hayati (Ed.), Buku Inovasi Pembelajaran (Cet. 1, hal. ). Bumi Aksara. https://doi.org/-

Alim, J. et. al. (2019). Pengaruh Modeling The Way Terhadap Hasil Belajar Sains Peserta Didik. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, IX(2), 109–118. https://doi.org/-

Asrani. (2019). Peningkatan Kreativitas Siswa melalui Penerapan Strategi Outdoor Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Langsat, 6(2), 97–103. https://doi.org/-

Farhana, H. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. In H. A. Farhana (Ed.), BUKU Penelitian Tindakan Kelas (hal. 1–134). Harapan Cerdas. https://doi.org/-

Fatimah, S. et. al. (2020). Perpaduan Pembelajaran Mind Mapping Dengan Modelling The Way Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. AXIOMA; Jurnal Program Studi Pendidikan MAtematika Universitas Islam Jember, 5(2), 137–143. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/1029/844/2252

Hamima, Y. (2022). Penggunaan Metode Modeling The Way dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Tembilahan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9531–9543. -

Heryadi, T. et. al. (2020). PENGEMBANGAN METODE MODELING THE WAY BERBANTU MEDIA PAPAN TEMPEL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Lingko; Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan, 2(2), 238–253. https://jurnallingko.kemdikbud.go.id/index.php/JURNALLINGKO

Hidayat, M. dan R. A. H. C. (2014). Penelitian Tindakan Kelas; Teori dan Praktik (- (ed.); 1 ed.). Ganding Pustaka. https://doi.org/-

Hidayat, R. A. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya” (C. A. Wijaya (ed.); Cetakan Pe). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). https://doi.org/-

Isnaeni, Arifati; Widiana, I. W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tema Perkembangan Teknologi Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas III. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(1), 40–45. https://doi.org/-

Kolifah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Modeling The Way Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf pada Siswa Kelas III SDN Sumbermulyo 1. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 136–146. https://jiped.org/index.php/JSP/article/download/126/94/

Lase, Asali; Halawa, K. B. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Melalui Model Pembelajaran Modelling The Way. EDUCATIVO; Jurnal Pendidikan, 1(2), 342–352. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.26

Madiistriyatno, H. dan D. H. (2020). Generasi Milenial; Tantangan Membangun Komitmen Kerja/Bisnis dan Adversity Quotient (AQ) (H. dan D. H. Madiistriyatno (ed.); Cetakan I). Indigo Media. https://doi.org/-

Masganti, E. al. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini; Teori dan Praktik (M. Y. Nasution (ed.); Cetakan Pe). Perdana Publishing. http://repository.uinsu.ac.id/2605/12/BUKU PENGEMBANGAN KREATIVITAS OK.pdf

Miranti, A. et. al. (2021). Representasi Pendidikan Karakter Berbassis Kearifan Lokal dalam Motif Batik Wahyu Ngawiyatan sebagai Muatan Pendidikan Senirupa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 546–560. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/viewFile/763/pdf

Mukroma, F. (2019). PENGARUH KEPRIBADIAN (PERSONALITY) DAN INTEGRITAS TERHADAP KREATIVITAS GURU SD NEGERI DI KABUPATEN ACEH SINGKIL. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 266–276. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/download/964/901/

Murti. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Modelling The Way Pada Kelas III SDN Jangka Tahun Pelajaran 2016/2017. JISIP, 3(1), 106–109. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/download/626/608

Mutia, Y. (2023). PENERAPAN METODE MODELLING THE WAY PADA MATA PELAJARAN SBDP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V MIN 8 ACEH TAMIANG [INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA]. https://doi.org/-

Nengsih. (2020). Penerapan Metode Modeling The Way dalam Menulis Teks Prosedur pada Siswa SMP PGRI 15 Salawu Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Caraka; Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 9(3), 149–156. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/caraka/article/download/910/661

ningsih, sari setia, et. a. (2021). PENERAPAN METODE MODELLING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTEK SHALAT PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS II MDTA AL-KHOIROT DESA SAKO MARGASARI KECAMATAN LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. JOM FTK UNIKS, 2(2), 142–148. https://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/download/1927/1462/

Ningsih, D. A. et. al. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODELLING THE WAY PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI NOMOR 94/II BUNGO. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar ISlam, 2(1), 124–159. https://doi.org/-

Nurhayati, Z. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Modelling The Way dapat Meningkatkan Hasil Belajar Solat pada Siswa Sekolah Dasar. Kalam Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 139–151. https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/download/42537/29920

Pardjono, P. et. al. (2017). Panduan Penelitian Tindakan Kelas (- (ed.)). Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta. -

Putra, Rizky Mandala, E. al. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Modelling The Way Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN 88 Singkawang. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(3), 103–107. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/download/3752/pdf

Rahmat, A. (2014). Pengantar Pendidikan (M. Mirnawati (ed.); Edisi Pert). Ideas Publishing. https://doi.org/-

Riananda, D. M. et. al. (2019). Implementasi MetodeModelling The Waydengan Permainan Mathchessuntuk Meningkatkan Keterampilan Perkalian. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 394–404. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/21766/13466

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Rusman (ed.); Cetakan 7). PT. Raja Grafindo Persada. https://doi.org/-

Sarly, S. M. dan P. H. P. (2020). Penerapan Model Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Kreativitas Karya Kolase Siswa Pada Mata Pelajaran SBDP. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(2), 156–160. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/1029/844/2252

Satiman. (2021). Strategi Modelling the Way: Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Siswa dalam Melakukan Salat Wajib di SD Negeri Tancep 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Madrasah, 6(1), 31–37. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jpm.2021.61-04

Setyaningrum, Feri; Hutami, H. A. (2021). PEMBENTUKAN KREATIVITAS MELALUI PEMBELAJARAN SBdPKELAS IV PADA MATERI MELUKIS DI SD MUHAMMADIYAHCONDONGCATUR. Jurnal Taman Cendekia, 06(01), 515–527. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9736

Siregar, Desi Adiah Ningsih, et. a. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema I Organ Gerak Hewan Di Kelas V Sd Negeri 102068 Kampung Dame Kecamatan Dolok Masihul. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 123–134. https://doi.org/-

Sudaryono, E. al. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan (- (ed.); Cetakan 1,). Graha Ilmu. https://doi.org/-

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini: Dalam Kajian Neurosains (N. N. Muliawati (ed.); Cet. 1). Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-02-17 — Updated on 2023-08-06

Versions