Stimulus Kemampuan Menulis Cerita Berbantuan Media Audiovisual
Keywords:
Audio, Visual, Karangan, Narasi, SiswaAbstract
Salah satu cara untuk merangsang siswa agar mampu menulis adalah dengan menggunakan strategi menulis karangan serta memanfaatkan media audio visual, sebab dengan demikian panca indera siswa dapat distimulus. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan hasil perlakuan terhadap kemampuan siswa dalam menulis karangan berbantuan media audio visual pada pembelajaran Bahasa Indonsia. Metode penelitian deskriptif dengan 34 subyek penelitian. Pengumpulan data menggunakan observasi serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi menulis karangan dengan memanfaatkan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan
References
Adha, I. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Penerapan Metode Edutainment pada Siswa Kelas VII 2 MTs Nujumul Huda Batu Samban. Mataram: Universitas Mataram.
Ahsin, M. N. (n.d.). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Audio Visual dan Metode Quantum Learning. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).
Azizah, I. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V SD. BASIC EDUCATION, 5(24).
Daryanto. (2015). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hartini, & Rabani, L. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing Siswa Kelas V SDN 4 Lohia. Journal of Basication : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2).
Lazuardi, F., E, G., & Y, R. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Lestari, T. P. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Media Model Pembelajaran Whole Languange dengan Menggunkan Media Audiovisual pada Kelas V SDN Sekaran 02 Semarang. Retrieved from UNNES Repository : http://lib.unnes.ac.id/24167/
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Sukardi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.