Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Animasi Nussa dan Rara Episode Nussa Bisa
DOI:
https://doi.org/10.62719/diksi.v2i1.36Abstract
The purpose of this study is to analyze the character education values contained in the animation of Nussa and Rara’s episode of Nussa Bisa. The type of research is library research. The results of the analysis are guided by the values of character education according to the Ministry of National Education in 2011. Of the 18-character education values, there are 12 characters that appear in the animation of Nussa and Rara episode of Nussa Bisa. The 12 characteristics are religion, responsibility, respect for fellow religious people, curiosity, respect for the work and achievements of others, caring, thinking logically, critically, creatively, and innovatively, love for the environment, hard work, and taking risks. So, from this literature study search, it can be concluded that the animation of Nussa and Rara is very worthy of being a spectacle for MI/SD-age children because it teaches many noble ethical values that can be instilled early.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nabila Maulida, Rita Sari, Zainal Abidin, Muhammad Iqbal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.