Persepsi Masyarakat Tani Terhadap Implementasi Program Pembelajaran Luar Sekolah
Keywords:
Persepsi, Program Luar Sekolah, Masyarakat GampongAbstract
The purpose of this study is to describe the carrying capacity/ limiting understanding of the village community on the importance of continuing education for children; describe the solutions undertaken to the villages community's understanding of the importance of continuing education for children; and describe the perception of village community towards the implementation of out-of-school learning programs in Desa Rantau Bintang Kec. Bandar Pusaka Kab. Aceh Tamiang. The research method used is qualitative. Instruments used for interviews, observations and documentation. The results stated that 1) that education is important given to children so that they can grow and develop and can get a good life in the future. 2) By providing understanding to parents who provide education to their children must realize that success requires a process so that their children can develop over time. 3) Out-of-school programs are expected to help parents in educating and accompanying children to learn to achieve success in the future
References
Andayani, Budi. 2000. “Profil Keluarga Anak-Anak Bermasalah”. Jurnal Psikologi. Vol. 1. No. 1.
Ardhi, Fauzi Usman. 2010. “Faktor Pendorong Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan. Vol. 2. No. 1.
Arifin, Hadi Suprapto. 2017. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah”. Jurnal Penelitian Komunikasi. Vol. 21. No. 1.
Damsar dan Indrayani. 2016. Pengantar Sosiologi Pedesaan. Jakarta: Kencana.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah. 2011. Kesadaran Masyarakat Terhadap Pentingnya Kelanjutan Pendidikan Anak, UIN Alauddin Makassar.
Hanif, M.. 2020. “Analisis Konsep Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran Daring”. Jurnal Pendidikan. Vol. 2. No. 1.
Haryati, Sri. 2012. “Pengembangan dan Peningkatan Mutu Pendidikan”. Jurnal Pengembangan Humaniora. Vol. 3. No. 1. 2012.
Irwan. 2017. Persepsi Keluarga Petani Terhadap Pendidikan Formal Anak Di Desa Sungai Toman Kecamatan Salatiga Kabupaten Sambas, Universitas Pontianak.
Jayanti, Fitri. 2016. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan”. Jurnal Edukasi. Vol. 3. No. 2.
Julida, Chery Panjaitan. “Meminimalisir Kesulitan Membaca Dengan Metode Reading Aloud Pada Siswa MIN 1 Langsa”. Seminar Nasional Royal (SENAR). Vol. 1. No. 1. 2018.
Khadafi, M. 2011. “Upaya Peningkatan Proses Belajar Mengajar”. Jurnal Pengajaran dan Pembelajaran, Vol. 1. No. 2.
.
Koentjaraningrat. 2013. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Kusniadi, Ilham. 2012. Jenis-Jenis Aktivitas Dalam Belajar, Jakarta: Gramedia.
Listyana, Rohmaul. 2015. “Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa Dalam Penentuan Waktu Pernikahan”. Jurnal Agastya. Vol. 5. No. 1.
Maha, Ramli. 2004. Psikologi Pendidikan. Banda Aceh: IAIN Araniry
Mudasir. 2012. Desain Pembelajaran. Indragiri Hulu: STAI Nurul Falah.
Mudijono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo. 2009. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Narwoko, Dwi. 2006. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana.
Noarmoatmojo, Winarto. 2011. “Ekstrakurikuler Disekolah: Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya”. Jurnal Pendidikan. Vol. 1. No. 2.
Nur, Salim. 2018. “Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Desa dan Perangkat Desa”, Jurnal Pemerintahan. Vol. 2. No. 2.
Rasyid, Abdul. 2010. Kemampuan Masyarakat Tani Terhadap Pentingnya Kelanjutan Pendidikan Bagi Anak-Anak di Desa Tonrorita Kec. Biringbulu Kab. Gowa. Skripsi yang tidak diterbitkan. UIN Alauddin Makassar.
Saebani, Beni Ahmad. 2012. Pengantar Antropologi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. cet. 2. Jakarta: Kencan.
Sarbini dan Neneng Linda. 2011. Perencanaan Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.
Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan Dalam Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wicaksono, Herwin Yogo. 2009. “Kreativitas Dalam Proses Pembelajaran,” Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol. 28. No. 1.
Utami Sherly Marita, “Sistem Pengajaran Luar Sekolah dan Evaluasi”, Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 2019
Wicaksono Herwin Yogo. “Kreativitas Dalam Proses Pembelajaran”. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol. 28. No. 1. 2019
Zaenab Siti dan Syahbudin, Profesionalisme Guru: Pengantar Manajemen Pendidikan, Praktik, Teori dan Aplikasi, (Yogyakarta: Deepublish, 2016)
Zulkarnain, “Desain Program Penguatan Desa Labsite Pendidikan Luar Sekolah Berbasis Keunggulan Lokal Melalui Kegiatan Program Pengalaman Lapangan”, Jurnal Pendidikan Non Formal, Vol. 2, No. 1, 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.