Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP Qur’ani Asyarichin
DOI:
https://doi.org/10.62719/diksi.v2i2.40Keywords:
Akidah Akhlak, Boarding School, Character, Curriculum, StudentAbstract
Formal educational institutions with the concept of pesantren (Islamic boarding schools) certainly have specificity in the curriculum used. One such institution is Qur'ani Asyarichin Junior High School located in Tajinan village, Malang district. The problem to be explored is related to the character of students. The purpose of this research is to analyze the learning of akidah akhlak to improve the personality of students. This research model is based on a qualitative model with a case-study approach. Then the data analysis starts with summarizing, examining, and presenting the data. The results showed that Qur'ani Asyarichin Junior High School still uses the 2013 curriculum combined with the pesantren curriculum. The learning methods applied are uswatun hasanah, halaqah and mauidhoh methods. The characters that emerge from students during the learning process of akidah akhlak are very diverse, ranging from disciplined, responsible, creative, innovative, independent, and religious characters
References
Aprily, N. M., Setiawan, D., Elan, E., & Pratama, Y. A. (2021). Implementasi Metode Mau`izhotul Hasanah dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter: Suatu Studi Kasus Longitudinal. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 121–137. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6824
Arifianto, Y. A., Budiyana, H., & Purwoto, P. (2021). Model Dan Strategi Pembelajaran Yesus Berdasarkan Injil Sinoptik Dan Implementasinya Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 1–17.
Efendi, R., & Ningsih, A. R. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Qiara Media.
Kristiyani, T. (2020). Self-regulated learning: Konsep, implikasi dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press.
Miftahul Jannah, A. (2020). Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.
Octaviani, A. A., Furaidah, F., & Untari, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Nilai Religius Dalam Program Kegiatan Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1549-1556.
Pawero, A. M. V. D. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42–59.
Rahmat, P. S. (2021). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.
Soedijarto, S., Thamrin, T., Karyadi, B., Siskandar, S., & Sumiyati, S. (2018). Sejarah pusat kurikulum.
SP, J. I. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasipendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.
Tantowi, H. A. (2022). Pendidikan Islam di era transformasi global. PT.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.