Kendala-Kendala Belajar Siswa Tingkat Dasar Selama Pembelajaran Terbatas
DOI:
https://doi.org/10.62719/diksi.v2i2.48Keywords:
Learning Difficulties, Limited Learning, Obstacles, StudentsAbstract
The purpose of the study was to determine the learning difficulties of primary-level students in online learning in Birem Rayeuk Village. The type used in the research is a descriptive survey. The research findings show that some of the obstacles during limited learning are problems (1) the internet network is unstable; (2) the internet quota is very inadequate; (3) too many homework assignments given by the teacher every day; (4) students find it difficult to focus when learning the subject matter; (5) the applications used are difficult for students to understand. The second finding is that teachers' efforts to optimize limited learning include (1) forming study groups; (2) conducting home visits; (3) making learning videos according to the theme; and (4) cooperating with student guardians in accompanying children to study at home.
References
Apriani, M. (2020). Bimbingan pada Siswa SD (mendampingi siswa meraih mimpi). Yogyakarta: Deepublish.
Dryer, M. S. (2009). Descriptive analysis theories, explanatory theories, and basic linguistic theory. Berlin: Felix Ameka.
Isnawati, R. (2020). Cara kreatif dalam proses belajar. Surabaya: Jakad Media.
Maliki. (2018). Bimbingan konseling di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Nazir, M. (2013). Metode penelitian. Bogor: Galia Indonesia.
Nurjaya, Rahayu, N., & Sari, R. (2023). Deskripsi minat peserta didik dalam belajar matematika melalui permainan. Al-Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 8(1). Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/6511
Pinge, H. D. (2019). Mengajar dan belajar menjadi guru Sekolah Dasar. Jakarta: Lakeisha.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Sadikin, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 215.
Sari, R. (2017). Pengantar penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Sari, R. (2020). Deskripsi kemampuan representasi matematis siswa SMA pada materi statistika. JURNAL DEDIKASI PENDIDIKAN.
Tarmizi, A. (2020). Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar anak usia dini selama masa pandemi Corona Virus Disease 19. Jurnal At-Tazakki, 4(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.