Implementasi Karakter Pendidikan Islam di SD Negeri Percontohan Karang Baru Aceh Tamiang
DOI:
https://doi.org/10.62719/diksi.v2i1.49Keywords:
Akhlak, Achievement, Islamic Education Faith, WorshipAbstract
The aim of this article is to describe the process of applying Islamic education in SD Negeri 1 Percontohan Aceh Tamiang. Qualitative was applied as the approach using ethnography in 60 days of observation. To collect the data, the researcher observed 10 students of SD 1 Percontohan Aceh Tamiang. While Miles and Hubberman’s data analysis was used. The result showed that the implementation of Islamic characters in SD Negeri 1 Percontohan was running well. There are four forms, they are faith, worship, Akhlak, and achievement.
References
Darajat, Z. (2002). Ilmu pendidikan Islam.
Daulay, H. P. (n.d.). Pendidikan Islam: dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia.
Grafika, T. R. S. (2007). Undang-undang sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003.
Makagiansar, M. (1987). Continuing education in Asia and the Pasific.
Mujib, A & Mudzakkir, Y. (2008). Ilmu pendidikan Islam.
Nizar, S. (2001). Pengantar dasar-dasar pemikiran pendidikan Islam.
No Title. (n.d.-a). http://desman-spdi.blogspot.com/2012/12/bentuk-bentuk-pendidikan-islam.html. Diakses tanggal 26 November 2019.
No Title. (n.d.-b). https://sayangianak.com/ini-alternatif-penggunaan-kata-jangan/ Diakses tanggal 26 Mei 2019.
Nur, S. M. (2004). Cara Nabi mendidik anak (1st ed.).
Rush, A, I. (1998). Pemikiran Al-Ghazali tentang pendidikan Islam.
Saryono. (2016). Konsep fitrah dalam perspektif Islam. Medina-Te, Jurnal Studi Islam, 14(2), 163.
Sudjana, D. (2008). Evaluasi program pendidikan luar Sekolah.
Syafruddin, D. (2009). Ilmu pendidikan Islam; Melejitkan potensi budaya umat. Hajiri Pustaka Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.