Studi Fenomenologi: Implementasi Moderasi Beragama pada Sekolah Ramah Anak di Kota Langsa
DOI:
https://doi.org/10.62719/diksi.v2i2.61Keywords:
Child-Friendly School, Madrasah Ibtidaiyah, Religious ModerationAbstract
This research aims to analyze the implementation of religious moderation in the context of Child-Friendly Schools. The concept of religious moderation is integrated as a foundation for creating an inclusive environment in schools, where religious differences are valued and supported. A qualitative approach with a phenomenological study design was used to explore the experiences of principals and teachers from MI Tahfidz Nur Shadrina Kota Langsa who were involved in this implementation. Data were collected through in-depth interviews. The results showed that religious moderation can be identified through indicators such as tolerance, integration of religious values, interfaith dialogue, and active participation of the entire school community. The findings provide insights into the effectiveness of religious moderation in creating an educational environment that supports religious diversity, contributes to the diversity education literature, and provides practical directions for schools that want to adopt a similar approach
References
Alim, M. S., & Munib, A. (2021). Aktualisasi pendidikan moderasi beragama di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Wahid Hasyim, 9(2), 263–285. https://doi.org/10.31942/pgrs.v9i2.5719
Asrohah, H., Hasanah, M., Yuliantina, I., Hasan, M. A., & Ambarwati, A. (2022). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan Lil Alamin. In Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Kementerian Agama RI.
Barmawi, M., Uzaer Damairi, M., Rahman, A. W., & Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, U. (2021). Hadis moderasi beragama dalam Pancasila sebagai usaha mewujudkan bangsa yang harmoni. Advances in Humanities and Contemporary Studies, 2(2), 134–144. https://publisher.uthm.edu.my/periodicals/index.php/ahcs/article/view/5181
Bungin, B. (2010). Penelitian kualitatif (10th ed.). Kencana Prenada Media Group.
Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan (kuantitatif dan kualitatif). Rajagrafindo persada.
Handoko, C., & Fadilah, N. (2022). Eksistensi pondok Pesantren dalam penguatan moderasi beragama. Tafahus: Jurnal Pengkajian Islam, 2(1), 54–62. https://doi.org/10.58573/tafahus.v2i1.21
Ikhwan, M., Azhar, Wahyudi, D., & Alfiyanto, A. (2023). Peran pendidikan agama Islam dalam memperkuat moderasi beragama di Indonesia. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 21(1), 1–15. https://doi.org/10.30762/realita.v21i1.148
Lexy J. Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya.
Munir, A., Nasution, A., Siregar, A. A., Julia, A., Karni, A., Hadisanjaya, H., Herawati, H., Kurniawan, I., Kurniawan, Z., Halim, M., Ajib, M., Zuhri, S., Haryanto, T., Partiana, Y., & Na’imah, Z. (2019). Literasi moderasi beragama di Indonesia (S. Sirajuddin (ed.); Issue 1). CV. Zigie Utama. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.453
Noviana, I., Wardah, I., Ni’mah, L. B., & Susilowati, R. (2022). The role of teachers in the application of religious moderation in elementary schools. Annual International Conference on Islamic Education for Students (AICOIES 2022) TH, 91(5), 328–341. https://doi.org/10.2207/jjws.91.328
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi moderasi beragama di lembaga pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.