Dinamika Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Turi Diskon Berbantuan Media Busalidi

Authors

  • Jefri Soni SMA Negeri 1 Rantau Selamat

DOI:

https://doi.org/10.62719/diksi.v2i2.62

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh kemandirian belajar siswa. Mata pelajaran yang mengandung materi abstrak seperti kimia menjadi salah satu mata pelajaran sulit bagi siswa, sehingga siswa rentan untuk tidak berminat belajar dengan metode pembelajaran yang biasa saja. Tujuan penulisan dalam best practice ini adalah untuk memaparkan penerapan teknik pembelajaran TURI DISKON berbantuan media BUSALIDI pada mata pelajaran kimia untuk mengoptimalkan kemandirian belajar siswa. Langkah yang dilakukan pada tahapan best practice ini adalah dengan menerapkan teknik pembelajaran modifikasi flipped learning berbantuan media aplikasi berbasis smartphone. Berdasarkan data penilaian diri siswa tentang kemandirian belajar diperoleh hasil bahwa hampir 90% Penerapan teknik pembelajaran TURI DISKON berbantuan media BUSALIDI dapat membantu 90% siswa dalam mengoptimalkan kemandirian belajarnya. Pemanfaatan media BUSALIDI melatih siswa dalam meningkat literasi digital sebagai pembelajar dalam era abad 21.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, P. (2009). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. In Computer Physics Communications (Vol. 180, Nomor 4). UNISSULA PRESS. https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005

Astuti. (2015). Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP/ Mts di Kecamatan Prembun. JPSE.

Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707

Gusnita. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif TPSq. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 286–296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645

Indrawati, R. (2022). Penerapan Metode Pemberian Tugas terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 45–52. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8736

Marharjono. (2020). Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1).

Mujiman, H. (2006). Belajar Mandiri. Pustaka Pelajar.

Pinatih. (2015). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dalam Menulis Dengan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Gambar Pada Anak Kelompok B2 Semester II di PAUD Kusuma 2 Denpasar Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/5196

Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Evaluasi Hasil Belajar. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Universitas Hamzanwadi Press.

Sari, R. (2017). Pengantar Penelitian Kuantitatif (1 ed.). Deepublish Publisher.

Suhandi, Andi., Kurniasri, D. (2019). Meningkatkan Kemandirian Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Genatala Pendidikan Dasar, 4(1).

Susilo, B., Zulaeha, I., & Subyantoro. (2016). Pembelajaran Meringkas isi Buku dengan Model Circ dan Latihan Penelitian Berdasarkan Kreativitas Verbal Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 5(1), 27–35.

Valen & Satria, T. G. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal basicedu, 5(4), 2199–2208.

Yamin, M. (2012). Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Referensi.

Zenius. (2021). Metode Flipped Learning untuk Melatih Kemandirian Siswa. Zenius.net. https://www.zenius.net/blog/metode-flipped-learning#Mengenal_Metode_Flipped_Learning

Downloads

Published

2023-12-17