Pendekatan Berbasis Lingkungan: Alternatif Stimulus Sikap Saintis Siswa MI
DOI:
https://doi.org/10.62719/diksi.v3i1.63Keywords:
elementary school, environment-based approach, scientist, studentAbstract
Sains yang bersifat abstrak kemudian harus dikonkretkan dalam pembelajaran. Agar siswa memahami konsep sains dalam kehidupan sehari-hari. Maka guru dapat memilih pendekatan yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sebuah pendekatan yang menjadi alternatif menumbuhkan profil saintis pada siswa MI. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif pre-experimental design. Observasi dan tes hasil belajar dipakai untuk mengukur kemajuan belajar siswa sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menemukan bahwa pendekatan berbasis lingkungan mampu meningkatkan sikap saintis siswa. Sikap saintis yang dimaksud adalah (1) rasa ingin tahu; (2) jujur; (3) terbuka terhadap kritikan; (4) toleran; (5) optimis; (6) pemberani; (7) kreatif atau swadaya; dan (8) tidak dapat menerima kebenaran tanpa bukti. Rekomendasi penelitian ini memungkinkan kepada guru di MI/SD untuk memanipulasi pembelajaran IPA dengan selektif memilih pendekatan pembelajaran yang tepat dan sesuai pada kondisi pembelajaran agar hasil yang diinginkan dapat tercapai.
References
Badan Standar, Kurikulum, dan A. P. (2022). Capaian pembelajaran mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) fase A - fase C untuk SD/MI/program paket A (pp. 1–59). Kemendikbud RI. https://drive.google.com/drive/folders/1hWJF_aa1QJKc2POtF71rOwp__WyBbgKZ
Budiman, I. A. (2020). Pengaruh model pembelajaran berbasis lingkungan terhadap peningkatan keseimbangan dinamis siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDG) Di Era Society 5.0,” 1–10.
Creswell, J. (2015). Riset pendidikan: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, riset kualitatif & kuantitatif (H. P. Soetjipto & S. M. Soetjipto (eds.); I). Pustaka Pelajar.
Primayana, K. H., Lasmawan, W. I., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat outdoor pada siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79. http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index
Sari, R. (2017). Pengantar penelitian kuantitatif. Deepublish.
Sari, R., Nuraida, N., & Rizki, S. (2017). Think pair share: Alternatif peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 1(1), 41–47.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. . Alfabeta.
Sugiyono. (2023). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan) (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.