Pendekatan Berbasis Lingkungan: Alternatif Stimulus Sikap Saintis Siswa MI

Authors

  • Rita Sari IAIN Langsa, Aceh, Indonesia
  • Sigit Prasetyo UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62719/diksi.v3i1.63

Keywords:

elementary school, environment-based approach, scientist, student

Abstract

Sains yang bersifat abstrak kemudian harus dikonkretkan dalam pembelajaran. Agar siswa memahami konsep sains dalam kehidupan sehari-hari. Maka guru dapat memilih pendekatan yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sebuah pendekatan yang menjadi alternatif menumbuhkan profil saintis pada siswa MI. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif pre-experimental design. Observasi dan tes hasil belajar dipakai untuk mengukur kemajuan belajar siswa sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menemukan bahwa pendekatan berbasis lingkungan mampu meningkatkan sikap saintis siswa. Sikap saintis yang dimaksud adalah (1) rasa ingin tahu; (2) jujur; (3) terbuka terhadap kritikan; (4) toleran; (5) optimis; (6) pemberani; (7) kreatif atau swadaya; dan (8) tidak dapat menerima kebenaran tanpa bukti. Rekomendasi penelitian ini memungkinkan kepada guru di MI/SD untuk memanipulasi pembelajaran IPA dengan selektif memilih pendekatan pembelajaran yang tepat dan sesuai pada kondisi pembelajaran agar hasil yang diinginkan dapat tercapai.

References

Badan Standar, Kurikulum, dan A. P. (2022). Capaian pembelajaran mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) fase A - fase C untuk SD/MI/program paket A (pp. 1–59). Kemendikbud RI. https://drive.google.com/drive/folders/1hWJF_aa1QJKc2POtF71rOwp__WyBbgKZ

Budiman, I. A. (2020). Pengaruh model pembelajaran berbasis lingkungan terhadap peningkatan keseimbangan dinamis siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDG) Di Era Society 5.0,” 1–10.

Creswell, J. (2015). Riset pendidikan: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, riset kualitatif & kuantitatif (H. P. Soetjipto & S. M. Soetjipto (eds.); I). Pustaka Pelajar.

Primayana, K. H., Lasmawan, W. I., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat outdoor pada siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79. http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index

Sari, R. (2017). Pengantar penelitian kuantitatif. Deepublish.

Sari, R., Nuraida, N., & Rizki, S. (2017). Think pair share: Alternatif peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 1(1), 41–47.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. . Alfabeta.

Sugiyono. (2023). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan) (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Downloads

Published

2024-03-07