Implementasi Metode Gerakan Dalam Meningkatkan Hafalan Hadits Di SDIT Yayasan Huda Wan Nur

Authors

  • Shilvia Wulandari

Keywords:

Implementasi, Menghapal Hadits, Metode gerakan

Abstract

This research aims to find out the implementation of movement methods in improving hadith memorization at SDIT Huda Wan Nur Foundation. This type of research is classroom action research with a qualitative approach, with a research design in the form of a cycle that will last several cycles. The data collection techniques used are observation, tests, and documentation, and data analysis techniques, namely data reduction, data collection, and conclusion drawing. The results of this study showed that there was an improvement in memorizing hadith at SDIT Huda Wan Nur. This can be seen from the percentage results that is, in cycle I the percentage value is 55%. While in cycle II the percentage result is 95%. That way, researchers concluded that the movement method can improve the memorization of student hadith at SDIT Huda Wan Nur.

References

Al-Fawaid, Farih, Mohammad. 2020. Implementasi Metode Hafalan Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif 33 Bahrul Ulum Warulor. Malang : UIN Malik Ibrahim.

Ayuningsih, Unimah. 2019. Implementasi Metode Gerakan Dalam Pembenukan Karakter Anak Di RA Tanjiatus Sunah Desa Suranenggala. Cirebon : IAI BBC.

Baharuddin. 2019. Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Palopo : IAIN Palopo.

Baroroh, Mar’atul. 2018. Peningkatan Kemampuan Menghafal Hadits Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Magelang Thaun 2017/2018. Salatiga : IAIN Salatiga.

Budiman, Panca. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Melalui Metode Kitabah Pada Materi Surah Al-Bayyinah Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas V di MIS Al-Hidayah Desa Muka Paya Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Medan : UIN Sumatera Utara.

Ela Yuniar, Mohammad Afifulloh, D. W. E. (2020). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 5 Nomor 1 Tahun 2020 P-ISSN: 2087-0678X. Pendidikan Islam, 5(2), 17– 23.

Juliana. 2018. Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Menghafal Hadits Melalui Metode Gerakan. Atfaluna : Journal Of Islamic Early Childhood Education December 2018, Vol. 1 No. 2.

Kurniawati, Lailatul, Intan dan Dianis Izzatul Yuanita. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menghafal Hadis pada Siswa dengan Terjemah Lafdhiyah MIN 1 Kota Kediri. El Bidayah : Juornal Of Islamic Elementary Education Volume 1, Nomor 2, September 2019.

Laitani, Almas. 2020. Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas XI Di MAN 1 Metro. Lampung : IAIN Metro.

Lubis, A. M., & Ismet, S. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 8–14. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.30

Malikhah, Fatikhatul dan Rohinah. 2019. Penerapan Metode Gerakan Untuk Menghafal Hadits Pada Anak. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Volume. 4 No. 1 Maret 2019.

Malikhah, Fatikhatul. 2018. Penerapan Metode Gerakan Untuk Menghafal Hadits pada anak kelompok B di RA Tiara Chandra Krapyak Bantul Yogyakarta. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

Mariati, Siti dan Ningsih, Iranty, Amaliya. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Hadits dengan Model SAVI pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas III di MI Darun Najah Tulangan Sidoarjo. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam Volume 07, Nomor 01, Juni 2016.

Nafi’ah, Hidayatun, Wahyuni. 2018. Pengaruh Metode Hafalan dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Sleman. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.

Novitasari, Diana. 2020. Peningkata Kemampuan Menghafal Hadits Tentang Takwa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas IV-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Surabaya : UIN Sunan Ampel Surabaya.

Prasetyawan, Rony. 2016. Metode Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Wafa Palangkaraya. Palangkaraya : IAIN Palangkaraya.

Sabiq, A. F. (2021). Impelementasi Metode Annida dalam Program Menghafal Al-Qur’an di SD Plus Tahfidzul Qur’an Annida Salatiga. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 8(2), 526–539. https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i2.164

Solikhah, Maratus. 2020. Metode Menghafal Hadits Menurut Buku Metode Gerakan Dalam Menghafal Hadits Karya Handayani Dan Hulaifah. Purwokerto : IAIN Purwokerto.

Zuhro, Lailatuz. 2019. Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Tikrari Materi “Mari Menghafal Surah Al-‘Adiyat” Di Kelas IV-A MI Al-Huda Sidoarjo. Surabaya : UIN Sunan Ampel.Anggito Albi. Dkk. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Downloads

Published

2022-08-22