Menumbuhkembangkan Sikap Religi Pada Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Membaca Doa Harian di TK Negeri Meleber Kec. Meleber Kab. Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.62719/diksi.v3i2.85Keywords:
early chilhood, Daily Prayer, Religious Attitudes, ShalahAbstract
The formation and development of religious attitudes in early childhood can be done by shaping their morals. Of course, the right method is needed for this. The purpose of this research is to develop the religious attitude of AUD through the habituation method. The research method used was descriptive qualitative. The research participants were teachers in Group B of Meleber Kindergarten. The results showed that the method of habituation of prayer and reading daily prayers is very effective and efficient to be implemented in Group B AUD at TKN Meleber. Teachers must also have skills in using this habituation method, namely in the form of harmony between speech and action so that AUDs easily understand and are well imprinted in themselves.
References
Abdurrahman, M. (2016). Akhlak: Menjadi Seorang Muslim Berakhlah Mulia.
Assingkily, M. S., & Miswar. (2020). Urgensitas Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid 19). Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, 34(8), 709.e1-709.e9.
Baqi, M. F. A. (2017). Shahih Bukhari - Muslim. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Bressmann, T. (2004). Self-inflicted cosmetic tongue split: a case report. Journal (Canadian Dental Association), 70(3), 156–157.
Budiyanti, M. Y. (2022). Implementasi Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Internalisasi Nilai Agama dan Moral Pada Siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal VII Prambatan Kecamatan Kaliwungu Kudus Tahun 2020/2021. Skripsi :Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Kudus., 1–23.
Hasanah, A. (2015). Urgensi Pendidikan Moral dan Akhlak Abstrak : Abstract : ’Anil Islam, 8(64), 25–47.
Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran dengan Disiplin. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 50–55.
Ismawati, I., & Atika Putri, A. (2020). Pengaruh Permainan Ligu terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Doa Bunda Pematang Benteng Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 40–53. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3913
Izzah, L., & Hanip, M. (2018). Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pembentukan Akhlak Keseharian Santri Sunan Gunung Jati Gesing Kismantoro Wonogiri Jawa Tengah. Literasi, 9(1), 63–76.
Kementeri Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia No. 18 tahun 2018. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.
Muzakki, Z. (2018). Urgensi Pendidikan Akhlak di Usia Dini. Jurnal Asy-Syukriyyah, 19(1), 50–79. https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.23
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina, ed.). Bandung: Harfa Creative.
Negara, T. R. S. A., & Yasin, F. (2018). Game Edukasi Menghafal Doa-Doa Harian sebagai Media Belajar untuk Anak Usia Dini berbasis Android. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 18(2), 42–48. https://doi.org/10.23917/emitor.v18i2.6347
Nurbudiyanti. (2021). Metode Pembiasaan Terhadap Pembinaan Akhlak Anak Usia Dini di Dusun Cappalete Kelurahan Tadokkong Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang. Skripsi : Fakultas Tarbiyah Institut Islam Negeri Pare-Pare, 7(3), 6.
Nurdiansyah, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. E-Jurnal Mitra Sains, 4(2), 54–61.
Nurjanah, W., Wahyuning Putri, R., & Yuliawati, H. (2022). Pentingnya Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Pada Anak Usia Dini. Jurnal El-Audi, 3(2), 106–117. https://doi.org/10.56223/elaudi.v3i2.52
Nurul, Z. (2011). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. (Jakarta : PT Bumi Aksara).
Oktaviana, A., Marhumah, M., Munastiwi, E., & Na’imah. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5297–5306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715
Putri, R. D. P., & Siregar, V. V. (2011). Urgensi Menanamkan Akhlak pada Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 161–172.
Ratnaningtyas, E. M., Ramli, Syafruddin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., … Jahja, A. S. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (N. Saputra, ed.). Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sa’diyah, U. K. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Akhlak melalui Pembiasaan Pada Anak Didik TK Pertiwi Gunungjaya Kecamatan Belik. Al-Athfal, 1(1), 41–58.
Saleh, N. R. (2024). Penanaman Nilai Agama dan Moral melalui Pembiasaan Berdoa terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di RA Hasan Munadi Gunung Gangsir Beji Pasuruan. 11, 145–153., 11, 145–153.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. ALFABETA.
Suhartono, & Latifah, N. (2019). Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 87–109. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i1.4
Surahman, A. (2020). Implementasi Pendidikan Akhlak melalui Metode Pembiasaan Berkata Baik pada Anak Usia Dini di RA Asysyarifah Gambir Jakarta Pusat.
Suryana, D. D. M. P. (2007). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini, 1, 1–65.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Wekke, I. S., & Dkk. (2019). Metode Penelitian Sosial. In Metode Penelitian Sosial (Vol. 33). Yogyakarta: Gawe Buku.
Zuhri, M. N. C. (2014). Studi Tentang Efektivitas Tadarus Al-Qur’an dalam Pembinaan Akhlak di SMPN 8 Yogyakarta. Cendekia, Vol 11 NO 1, 118.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.