Analisis Hukuman Disiplin Pada Peserta Didik
Keywords:
Analisis, Hukuman, Disiplin, Peserta DidikAbstract
The purpose of the study was to find out how the application of time tokens in empowering students to learn from home in Civics lessons on the material of the State symbol / Garuda Pancasila. The method used in, this research is qualitative while data collection uses interview, observation and documentation techniques. The research subjects were 9 out of 21 students in grade 3 SDN Blang Awe. Where there are 3 students and 6 students who have difficulty in learning. Learning difficult hand over the coupon/talk card to researcher to make the process easier to t hand over the coupon/talk card to the researcher, to make the process easier learn how to teach. Through the time token model, it can help students reduce learning difficulties, both in terms of reading and speaking/expressing opinions
References
Ardi, Minal. 2012. “Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Disiplin Siswa Dalam Belajar.” Jurnal Eksos 8 (1): 61–72. http://repository.polnep.ac.id/xmlui/handle/123456789/359.
Aulia, Syifa. 2020. “Pengaruh Hukuman Terhadap Penjeraan Siswa Pada Pelanggaran Peraturan Sekolah Di SMP Negeri 6 Kota Tangerang Selatan.” Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.
Faishal Fakhry, Yoga. 2019. “Perlindungan Hukum Terhadap Profesi Guru Dalam Pelaksanaan Tugas Berdasarkan Uu Legal Protection of Teacher Profession in the Implementation of Assignments Based On.” Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula, 675–87.
Firmansyah, Edwin, Zubaedah Nasucha, and dkk. 2021. “Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.” Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 6 (2): 144–61. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v6i2.3056.
Ma`arif, Muhammad Anas. 2018. “Analisis Strategi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Preventif.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 6 (1): 31–56. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.31-56.
Maramis, Frans, and Ronny Sepang. 2014. “Penerapan Kebijakan Hukum Pidana Tentang Penggunaan Hukuman Fisik Oleh Guru Terhadap Murid Sekolah Dasar Di Kota Manado Dan Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 5 (2): 40–51.
Marhayati, Nelly. 2013. “Dampak Hukuman Fisik Terhadap Perilaku Delinkuen Remaja.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 16 (1): 112–24. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n1a10.
Marliana, Diyah Ayu, and M Turhan Yani. n.d. “Strategi Sekolah Dalam Menangani Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Di Smp Negeri I Papar Kediri,” 1 (1): 232–47.
Rahmawati, Ely, and Ulfa Idatul Hasanah. 2021. “Pemberian Sanksi (Hukuman) Terhadap Siswa Terlambat Masuk Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin.” Teacher Education 2 (1): 236–45. https://emea.mitsubishielectric.com/ar/products-solutions/factory-automation/index.html.
Rofiq, Muhammad Husnur. 2017. “Kedisiplinan Siswa Melalui Hukuman Perspektif Stakeholder Pendidikan.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2 (2): 71–83. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v2i2.29.
Wijiatmo, and Supanto. 2019. “Kebijakan Hukum Pidana Dalam Memberikan Perlindungan Hukum Terhadap Guru Dalam Hal Kedisplinan.” Pasca Sarjana Hukum UNS 7 (1): 85–92.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.