Kontribusi Artificial Intellegence dalam Membentuk Karakter Siswa MI/SD
DOI:
https://doi.org/10.62719/diksi.v3i2.92Keywords:
Artificial Intelligence, Character, Elementary School, StudentAbstract
The purpose of this research is to discuss the contribution of artificial intelligence to student character at the basic education level. The research method used is qualitative with a literature study. The results of this study reveal that there are three main things about the contribution of AI to the character building of MI/SD students, first, the personalization of learning, second, the impact caused both positively and negatively, and the influence of AI on the character of MI/SD students in learning. Therefore, teachers and parents need to direct students to be smart in using AI as a learning tool, not as the main source of knowledge, because AI is a man-made technology that has limitations in recognizing the psychology of students. AI is utilized to facilitate students' learning and stimulate their thinking.
References
Abu Ahmad. (2017). Mengenal Artificial Intelligence, Machine Learning, & Deep Learning. Jurnal Teknologi Indonesia, 1(June), 1–6. https://amt-it.com/mengenal-perbedaan-artificial-inteligence-machine-learning-deep-learning/
Asridayanti, & Sari, R. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Masa pandemi Covid-19. At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 8(2), 146–151. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v8i2.2527
Crawford, J., Cowling, M., & Allen, K. A. (2023). Leadership is needed for ethical ChatGPT: Character, assessment, and learning using artificial intelligence (AI). Journal of University Teaching and Learning Practice, 20(3), 1–19. https://doi.org/10.53761/1.20.3.02
Creswell, W. J. (2018). 30 keterampilan esensial untuk peneliti kualitatif (E. Setiyawati (ed.); I). PUSTAKA PELAJAR.
Golovko, V., Kroshchanka, A., Rubanau, U., & Jankowski, S. (2014). A Learning Technique for Deep Belief Neural Networks. ICNNAI, 440. https://doi.org/10.1007/978-3-319-08201-1_13
Imawan, M., Pettalongi, A., & Nurdin. (2023). Pengaruh Teknologi terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik di Era Society 5.0. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0), 2(July). https://www.researchgate.net/profile/Nurdin-Nurdin/publication/372128814_PENGARUH_TEKNOLOGI_TERHADAP_PENDIDIKAN_KARAKTER_PESERTA_DIDIK_DI_ERA_SOCIETY_50/links/64a56f65b9ed6874a5fc5d72/PENGARUH-TEKNOLOGI-TERHADAP-PENDIDIKAN-KARAKTER-PESERTA-DIDIK-DI-ERA-SOCIETY-50.pdf
Lexy J. Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya.
Maufidhoh, I., & Maghfirah, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence melalui Media Puzzle Maker pada Siswa Sekolah Dasar. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 29–43. https://doi.org/https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023284
Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. J. (2020). Artificial Intellegence dengan Pembentukan Nilai dan Karakter di Bidang Pendidikan. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 4(2), 148. https://doi.org/10.21043/ji.v4i2.8625
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Orji, F. A., & Vassileva, J. (2022). Automatic modeling of student characteristics with interaction and physiological data using machine learning: A review. Frontiers in Artificial Intelligence, 5, 1–15. https://doi.org/10.3389/frai.2022.1015660
Putri, V. A., Carissa, K., Sotyawardani, A., & Rafael, R. A. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional, 615–630.
Straub, J., Kerlin, S., & Kim, E. (2017). Analysis of student characteristics and feeling of efficacy in a first undergraduate artificial intelligence course. IEEE International Conference on Electro Information Technology, 1998, 10–15. https://doi.org/10.1109/EIT.2017.8053322
Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 1(1), 15–21. https://doi.org/10.1097/01.ccm.0000551807.92236.e2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apapun dalam Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi .
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.
Lisensi
Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi terdaftar dengan nomor e-ISSN 2829-9191 (Online) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0.