Pelatihan Tari Kreasi Dolanan Jamuran untuk Mengembangkan Karakter Anak di TK Aisyiyah Nusukan 2 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.62719/seulanga.v1i1.3Keywords:
Anak, Dolanan Jamuran, Karakter, Pelatihan, Tari KreasiAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan tari kreasi dolanan jamuran untuk mengembangkan karakter anak di TK Aisyiyah Nusukan 2 Surakarta. Tujuannya untuk menambah pengetahuan, mengenalkan anak kepada seni dan budaya serta mengembangkan kreativitas mereka. Dalam tari jamuran anak dapat mengetahui nilai-nilai karakter pada tari dolanan antara lain, adanya persamaan status, kebersamaan, ketaatan terhadap aturan, kepekaan sosial, tanggung jawab, sikap lapang dada dll. Jumlah anak di TK Aisyiyah Nusukan 2 Surakarta yang mengikuti pelatihan yaitu 12 anak. Metode yang digunakan pada kegiatan pelatihan ini yaitu, survei, diskusi, orientasi musik iringan, pengamatan langsung, praktik, pementasan dan evaluasi. Kegiatan pelatihan dilakukan melalui 3 tahap yaitu 1) tahap pra pelatihan, 2) tahap pelaksanaan pelatihan dan 3) tahap akhir pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa selama pelatihan berlangsung, semua anak sangat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Hal ini terlihat dari jumlah anak yang tetap hadir mulai dari awal sampai akhir kegiatan pelatihan. Selain itu, semua anak juga memberikan respons positif terhadap kegiatan pelatihan ini. Anak-anak terlihat senang dan selalu datang lebih awal sebelum waktu latihan dimulai.