Penanaman Karakter Pada Anak Melalui Tari Kreasi Rasa Sayange di TK Aisyiyah Rating 1 Kartasura

Authors

  • Annafi Nurul Ilmi Azizah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Ariana Ayu Pitaloka UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Devinta Septalavayza UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Nabila Putri Syahrani UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62719/seulanga.v1i1.6

Keywords:

Taman Kanak-Kanak, Rasa Sayange, Karakter

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat dalam artikel ini memberikan pelatihan tari kreasi rasa sayange untuk mengembangkan karakter anak di TK Aisyiyah 1 Ranting Kartasura, Kabupaten Sukoharjo berupa karakter religius, toleransi, kreatif, demokratis, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Jumlah anak yang mengikuti kegiatan pelatihan ini sebanyak 9 anak. Metode yang digunakan pada kegiatan pelatihan ini yaitu survei, wawancara, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan pelatihan tari kreasi rasa sayange adalah untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada anak-anak serta untuk melestarikan warisan karya seni, khususnya seni tari di Indonesia. Tahapan pelaksanaan pelatihan tari tersebut terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pra pelatihan, pelaksanaan pelatihan, dan pasca pelatihan. Pada saat pelaksanaan pelatihan anak-anak dapat mengikuti dan mengingat setiap gerakan tari yang diajarkan. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa melalui tari kreasi rasa sayange dapat menanamkan nilai-nilai karakter untuk anak usia dini.

Downloads

Published

2024-06-09