Pemberdayaan Siswa TK Aisyiyah 1 Makamhaji dalam Melestarikan Budaya Melalui Tarian Sajojo
DOI:
https://doi.org/10.62719/seulanga.v1i1.7Keywords:
Anak, TK Aisyiyah, Tari Sajojo, BudayaAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam artikel ini memberikan pengetahuan dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan tarian tradisional khususnya tarian sajojo. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan pada Senin, 20 Mei 2024 bertempat di TK Aisyiyah 1 Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Dengan tujuan agar anak mampu mengetahui pentingnya mengenal tarian tradisional yang merupakan warisan budaya di Indonesia khususnya tarian sajojo. Metode yang digunakan dalam jurnal ini adalah survey, observasi, sosialisasi, demontrasi, pendampingan, monitoring dan evaluasi. Metode survey meliputi pertemuan dengan kepala sekolah TK, adapun metode observasi meliputi pengamatan kegiatan mengenai pelestarian budaya yang dilakukan, berikutnya metode sosialisasi meliputi pemaparan materi tentang tarian sajojo, selain itu juga ada metode demonstrasi meliputi penyampaian tarian sajojo melalui gerakan yang ditampilkan, metode pendampingan meliputi pendampingan dan memberikan arahan, terakhir ada metode monitoring dan evaluasi meliputi pemantauan dan penilaian terkait pengetahuan dan keterampilan anak dalam melakukan gerakan tarian. Pengabdian yang kami lakukan bertujuan memperkenalkan serta mengajak anak-anak melestarikan budaya di Indonesia melalui Tarian Tradisional khususnya Tarian Sajojo. Hasilnya, setelah mengikuti pelatihan anak mengetahui tentang tarian sajojo, anak dapat menghafal gerakannya, anak kreatif dan terampil melakukan tarian sajojo.